Bunda~@ZK@

>>>Karena Hidup Penuh Pilihan …

Tumis Pare dan Ikan Asin yang Menggoda

Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Aku kepingin banget sama masakan (tumis) pare. Karena sudah kebiasaan ketika tinggal di kos masak sayur yang terkenal pahit ini. Saat aku mau beli, eh ternyata sama ibu mertuaku dilarang karena mikir siapa yang mau makan pare dengan rasa yang pahit tersebut.

Yaahhh…. Mau bagaimana lagi, gagal dech masak pare. 2 hari kemudian ibu belanja di tukang sayur keliling, eh ternyata ada sayur pare, kemudian aku dibelikan. Horee… akhirnya katurutan juga masak pare dicampur sama ikan asin. Heemmm… Nyammyyy….

“Ini tak belikan pare, tapi masak sendiri ya…” kata ibu mertuaku.

Akhirnya sore setelah pulang ngantor, mulailah berkreasi dengan sayur pahit tersebut. Bin salabin,,, akhirnya masak juga tumis pare kesukaanku. “Eh ternyata setelah masak pahitnya hilang juga ya” kata suamiku. Hehehe… sampai makan nambah-nambah terus.

Yahhh.. akhirnya jadi kebiasaan dech, setiap ada tukang sayur dan membawa sayur pare, sama ibu selalu dibeli. Tapi lucunya lagi, setiap kali ibu beli, selalu ditertawain sama tetangga, karena g’ bisa masak kali ya para tetangga itu. Hehehehe…

Ini nih tak bagi resep dan cara memasaknya.

Bahan & bumbu:

2 buah pare ukuran sedang

Ikan asin (sesuai selera)

4 buah bawang putih

3 buah bawang merah

2 buah cabai merah besar

Cabai kecil (sesuai selera pedasnya)

Kecap (sesuai selera)

Minyak goreng (untuk menumis bumbu)

Garam

Cara memasak:

  1. Bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai merah, & cabai kecil) dirajang semua.
  2. Sayur pare diiris kecil-kecil, kemudian diuleni dengan air panas dan dicampur sama garam. Sampai layu dan kemudian dicuci sampai bersih (supaya rasa asinnya hilang).
  3. Tumis bumbu dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan, setelah tercium bau bumbu yang harum masukkan ikan asin, tunggu samapai matang. Kemudian masukkan sayur pare.
  4. Terus diaduk sampai agak matang, terus terakhir masukkan kecap dan garam (garam jangan terlalu banyak karena ikannya sudah asin). Tunggu sampai matang dan matikan api.

Jadi dech tumis pare ikan asinnya. Selamat mencoba. Kata suamiku sih rasanya nyammyyy…. Hehehehe…. Apalagi kalau makannya dengan nasi hangat. Heeemmmm….

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: