Bunda~@ZK@

>>>Karena Hidup Penuh Pilihan …

Kakiku Mulai Bengkak …..

Sedih rasanya kalau melihat kaki bengkak saat hamil. Takut juga, takut terjadi apa-apa pada calon dedek yang ada di dalam. Sudah seneng-seneng sampai usia kehamilan 7 bulan tak ada tanda-tanda kaki bengkak, eh… kemaren tiba-tiba kakiku kok agak besar ya,,, Oh No….. Semoga saja bengkaknya tidak semakin besar, dan semoga saja hanya karena kecapekkan soalnya kaki terlalu lama digantung (biasanya kalau capek, kakiku sering bengkak). Dan semoga saja tak akan terjadi apa-apa sama dedek yang ada di dalam.

Waktunya cari info dan referensi nich, agar tak berkepanjangan…… Yuukkk disimak!!!!

Pembengkakan yang terjadi di kaki selama hamil adalah sesuatu yang normal, tapi hal ini kadang bisa membuat ibu hamil frustasi dan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Selama kehamilan, cairan berlebih di dalam tubuh dan tekanan dari rahim yang terus tumbuh bisa menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, kondisi ini dikenal dengan edema. Pembengkakan yang terjadi cenderung memburuk ketika mendekati kelahiran dan udara panas.

Biasanya pembengkakan yang ringan di kaki dan pergelangan kaki tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika bengkak yang muncul secara tiba-tiba di wajah atau tangan bisa jadi tanda dari kondisi preeclampsia.

Kondisi terjadi pembengkakan kaki ini biasa dalami para bumil pada akhir timester kehamilan dimana beban bagian perut semakin meningkat. Namun Anda harus membedakan apakah ini pembengkakan yang wajar (fisiologis) atau tidak wajar (patologis). Pembengkakan yang wajar (fisiologis) pada prinsipnya, pembengkakan kaki disebabkan oleh tekanan pada pembuluh darah balik dirongga panggul oleh perut atau rahim yang membesar sehingga membuat aliran darah balik ke jantung terbendung. Pembengkakan kaki yang wajar biasanya tidak disertai penyakit penyerta. Keadaan tubuh lainnya normal, hanya kaki saja yang bengkak. Ini banyak terjadi pada trimester akhir.

Perawatan pada keaadaan ini bisa dengan membiasakan cara hidup sehat. Meski begitu ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau mencegah bengkak di kaki selama hamil, yaitu:

  1. Hindari berdiri dalam jangka waktu yang lama.
  2. Ketika duduk usahakan telapak kaki menyentuh lantai dan menghindari duduk sambil menyilangkan kaki.
  3. Melakukan streching atau peregangan sesering mungkin ketika duduk dalam jangka waktu yang lama.
  4. Ketika tidur usahakan untuk berbaring ke sisi kiri, hal ini karena pembuluh darah vena ada di sebelah kanan sehingga bisa mengurangi tekanan.
  5. Menggunakan alas kaki, kaus kaki atau stocking yang nyaman dan bisa mendukung kondisi tubuh.
  6. Mengonsumsi air putih yang cukup.
  7. Cobalah untuk berenang atau berdiri di kolam renang sampai mencapai leher.
  8. Berolahraga secara teratur.
  9. Usahakan untuk tetap tenang dalam cuaca yang lembab atau panas.
  10. Menerapkan pola makan yang baik dengan perbanyak buah dan sayur serta menghindari minuman berkafein dan makanan yang asin.
  11. Kenakan sepatu ber-hak rendah agar Anda tidak mudah kehilangan keseimbangan dan sikap tubuh terjaga.
  12. Manjakan Kaki. Ada dua cara untuk memanjakan kaki selama hamil, yaitu siramlah kaki dengan air dingin. Mulailah dari telapak kaki, lutut, paha hingga pantat. Kemudian lakukan penyiraman dari atas ke bawah. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa menit sambil mengerak-gerakkan jari kaki Anda. Setelah itu rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam atau jeruk nipis. Upaya memanjakan kaki lainnya adalah dengan cara memijatnya dan tekan-tekanlah telapak kaki dengan menggunakan baby oil atau baby lotion setiap pagi dan malam. Kedua cara ini efektif. mencegah kaki menjadi bengkak, juga menjaga kesehatan dan keindahan kaki Anda selama hamil.

Perlu dicoba tips-tipsnya, supaya pembengkakan tak berkepanjangan. Mencegah sebelum parah…. (Semoga berhasil…)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: