Bunda~@ZK@

>>>Karena Hidup Penuh Pilihan …

Gizi Ibu Hamil

Minggu-minggu pertama kehamilan adalah masa di mana organ tubuh yang penting terbentuk. Kekurangan gizi pada saat ini dapat menimbulkan kelainan pada bayi atau bahkan kelahiran premature. Karena itu, gizi seimbang penting untuk pertumbuhan janin.

Susunlah menu makanan secara seimbang dengan bervariasi selama kehamilan. Pastikan mengkonsumsi makanan segar untuk memaksimalkan asupan vitamin. Kapsul vitamin dan obat suplemen bukanlah pengganti gizi makanan seimbang.

Gizi selama hamil TIDAK SELALU BERARTI MAKAN DUA KALI LIPAT PORSI BIASA, YANG PENTING ADALAH KANDUNGAN GIZINYA SEIMBANG.

  • Pilihlah makanan segar atau setidaknya makanan beku. Sebaiknya jangan memilih makanan kaleng atau makanan kemasan yang mengandung banyak pengawet dan bahan tambahan. Buah dan sayur harus dicuci dengan baik untuk menghilangkan residu pestisida.
  • Kukus, bakar, dan panggang makanan Anda. Sebaiknya jangan menggoreng makanan.
  • Beli dan gunakan makanan segar segera mungkin. Jangan memasak bahan makanan segar terlalu lama agar gizi tidak berkurang.
  • Hindari alcohol, minuman keras, dan obat-obatan (kecuali diresepkan dokter). Jamu sebaiknya dihindari kecuali dokter Anda menyarankan menggunakannya. Beberapa jenis jamu dapat menyebabkan keguguran, dan ada juga jamu yang mengandung bahan kimia aktif. Adalah sangat penting untuk menghindari obat-obatandan alcohol pada minggu-minggu Anda merencanakan kehamilan.
  • Banyak minuman cairan, jus buah segar atau air, tetapi hindari minuman soda atau minuman ringan yang tinggi kadar gula atau kimiawinya. Kurangi minum the atau kopi. Kopi bebas kafein juga tidak dianjurkan karena dapat mengandung sisa bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan kafein tersebut.
  • Gantilah camilan seperti kripik atau kue dengan makanan yang tinggi serat untuk menghindari sembelit (masalah umum pada masa kehamilan). Makanan sumber serat adalah beras merah, roti gandum, serealia, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
  •  Jangan merokok karena dapat melahirkan bayi dengan berat badan rendah, atau bahkan mengalami keguguran. Merokok menyebabkan janin kekurangan oksigen, sementara nikotin dalam rokok adalah zat kimia yang sangat beracun.

Zat gizi yang PALING PENTING untuk perkembangan janin. Pastikan zat gizi ini selalu dikonsumsi selama kehamilan.

  • Asam Folat: Zat ini ada di dalam serealia, kacang-kacangan, sayuran hijau, jamur, kuning telur, jeruk, pisang.
  • Kalsium, sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Zat ini dapat dijumpai  di dalam susu dan produk susu (keju, yoghurt), ikan yang bisa dimakan tulangnya (seperti ikan teri, sarden), biji-bijian (biji bunga matahari, wijen), produk kedelai (tempe, tahu), sayuran hijau.
  • Zat Besi, sangat penting karena pada masa kehamilan volume darah Anda meningkat 25% dan juga penting untuk bayi Anda membangun persediaan darahnya. Dapat dijumpai di hati, daging merah, sayuran hijau, wijen, buah-buahan kering, kuning telur, serealia, dan sarden. Penyerapan zat besi dapat terbantu dengan konsumsi vitamin C.

Dikutip dari Buku Panduan Asuhan Gizi Bagi Ibu Hamil dan Menyusui yang disusun oleh Mahasiswa Gizi Kesehatan Universitas Brawijaya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: