Bunda~@ZK@

>>>Karena Hidup Penuh Pilihan …

Aksara Jawa Segera Menjadi “Font” di Windows

Sejak dulu saya paling tak suka kalau ada pelajaran Bahas Jawa di sekolah, apalagi kalau harus menulis dengan aksara jawa (emang dasarnya tak bisa, hehehehe). Dulu kalau ada tugas untuk menulis aksara jawa, saya selalu minta dituliskan oleh alm Mbah Kakung (karena Mbah Kakung paling jago kalau urusan menulis dan membaca aksara jawa). Sempat ngiri juga sich sama Mbah Kakung, “Kenanapa aku tak bisa menulis dan membacanya”, kalaupun terpaksa biasanya aku selalu menggunakan tuntunan untuk menulisnya. “Hanacaraka”.

Tetapi untunglah, pas jaman SMA di sekolah tak ada lagi pelajaran Bahasa Jawa. Jadi saya hanya mempelajarinya hingga tingkat SLTP. Daaannn…. Hingga saat inipun aku tak bisa menulis dan membaca aksara jawa, kecuali ada panduannya (itupun harus pelan-pelan mempelajarinya). “Hehehehe Jadi Malu”.

Setelah saya baca-baca, ada info teknologi. Ternyata pemerhati aksara dan bahasa Jawa “Ki Demang Sokowetan” menegaskan bahwa aksara Jawa akan segera menjadi font dalam program windows terbaru pada computer buatan Microsoft. Waahhh…. Sesuatu banget kan??? Berarti aksara Jawa selama ini telah dilirik oleh teknologi. Dan ternyata UNESCO yang telah membantu untuk mendaftarkan aksara Jawa masuk font computer kepada Unicode.

Kalau menurut saya hal ini sangatlah penting sekali. Karena aksara Jawa semakin hari semakin terpinggirkan. Dan harus segera diselamatkan agar tidak musnah untuk selama-lamanya. Dan agar para generasi muda juga tau serta dapat menggunakannya. Tak hanya orang-orang tua jaman dulu yang lihai dalam menulis dan membaca aksara Jawa.

Bagaimana menurut Anda???

Ayo dukung dan selamatkan “Aksara Jawa” untuk pelajaran anak cucu nanti….

Single Post Navigation

Leave a Reply

